Masih ingat dengan “Rajin pangkal pandai. Hemat Pangkal Kaya”? Ya, peribahasa tersebut sering sekali diajarkan kepada kita sejak kecil. Salah satu cara berhemat adalah dengan menabung. Namun kenyataannya bagi sebagian orang kegiatan menabung bukanlah hal yang mudah, bahkan untuk orang dengan pendapatan besar sekalipun. Berikut adalah berbagai alasan yang menjadikan orang gagal menabung :

  • Tidak pernah memulai

Sebagian orang gagal menabung karena memang tidak pernah memulai untuk menabung. Rekening bank hanya digunakan untuk menampung pendapatan, yang mana dialokasikan hanya untuk berbelanja. Mendidik anak untuk menabung sejak dini bermanfaat agar anak dapat segera memulai menabung.

  • Menunda-nunda

Alasan lain yang menjadikan orang gagal menabung adalah selalu menunda-nunda kesempatan menabung. Dengan pemikiran “Nanti saja kalau sudah ada uang”,akan sulit untuk menabung tentunya jika hal ini dibiarkan terus-menerus.

  • Tidak memiliki rencana anggaran

Anda tidak akan tahu seberapa uang yang dapat anda sisihkan setiap kali menerima penghasilan, apabila anda tidak memiliki rencana anggaran.

  • Tidak memiliki prioritas belanja

Menabung memerlukan perencanaan pengeluaran uang secara matang. Banyak orang yang memiliki penghasilan memadai tetapi tidak bisa menabung karena selalu memiliki kebutuhan yang dianggapnya penting dan mendesak.

  • Gaya Hidup Boros

Terkadang orang memboroskan uangnya hanya untuk gaya hidup. Semakin besar penghasilannya semakin banyak kebutuhan gengsinya. Ia tidak membayangkan suatu saat ia bisa bangkrut atau kehilangan pekerjaan. Ia benar-benar menikmati uang yang dimiliki dan tidak jarang berhutang untuk memiliki barang-barang mahal.   Mari membiasakan diri menabung dengan meningkatkan motivasi yang lebih kuat, mengatur gaya hidup hemat, dan jangan menunda untuk memulainya. Dalam memilih produk tabungan pilihlah yang aman dan dapat dipercaya, maka anda dapat merasakan manfaatnya.